ALVAboard – High Quality PP Board Supplier
0%
palm palm

Klasifikasi Jenis Plastik yang Dapat Didaur Ulang serta Kode dan Contohnya

Klasifikasi Jenis Plastik yang Dapat Didaur Ulang serta Kode dan Contohnya
author
ALVAboard
Juli 7, 2023

Sampah plastik menjadi salah satu limbah yang sering memunculkan permasalahan pencemaran lingkungan. Kondisi pencemaran lingkungan akibat sampah plastik di sekitar manusia pun bahkan dapat dikatakan sudah masuk dalam kategori darurat. Alhasil, masyarakat diupayakan agar dapat melakukan kegiatan daur ulang plastik. Untuk itu, kamu perlu mengetahui klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang yang pembasannya dapat kamu simak dalam ulasan berikut.

Baca juga: Alasan AB Kardus Disebut Sustainable Packaging, Meskipun Terbuat dari Plastik

1. Klasifikasi Jenis Plastik yang Dapat Didaur Ulang

klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang

Dikutip dari data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), volume timbunan sampah di Indonesia pada 2022 mencapai 19,45 juta ton. Angka tersebut menurun 37,52% dari 2021 yang sebanyak 31,13 juta ton. Diketahui, berdasarkan jenisnya, mayoritas timbunan sampah nasional pada 2022 berupa sampah sisa makanan dengan proporsi 41,55%. Kemudian sampah plastik berada di urutan kedua dengan proporsi 18,55%.

Atas hal tersebut, penting bagi kita untuk memulai langkah daur ulang sampah plastik dengan cara mengetahui klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang. Hal itu, dapai dimulai dengan cara memahami terlebih dahulu kode-kode plastik yang dapat didaur ulang, yang biasanya tertulis atau tercetak di kemasan-kemasan plastik yang tersebar di sekitar kita. 

2. Kode Daur Ulang Plastik dan Contohnya

klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang

Plastik dapat diklasifikasikan berdasarkan kode daur ulang yang biasanya tercetak pada benda plastik, yang dikenal sebagai simbol daur ulang. Simbol ini terdiri dari tiga panah yang membentuk segitiga dengan angka di tengahnya. Berikut adalah beberapa jenis plastik yang umum dan dapat didaur ulang:

  1. PET (Polyethylene Terephthalate): Kode daur ulang #1

   Contoh: Botol minuman, botol saus, serbet, serat poliester

  1. HDPE (High-Density Polyethylene): Kode daur ulang #2

   Contoh: Botol susu, botol sampo, pipa plastik, ember, keranjang plastik

  1. PVC (Polyvinyl Chloride): Kode daur ulang #3

   Contoh: Pipa PVC, jendela PVC, lantai PVC (VCT), mainan anak-anak

  1. LDPE (Low-Density Polyethylene): Kode daur ulang #4

   Contoh: Kemasan makanan, kantong belanja, tutup botol, film plastik

  1. PS (Polystyrene): Kode daur ulang #6

   Contoh: Gelas styrofoam, kotak makanan styrofoam, busa isolasi, mainan styrofoam

  1. Other (Lainnya): Kode daur ulang #7

   Termasuk plastik dengan bahan campuran atau jenis plastik yang tidak termasuk dalam kategori di atas. Contohnya adalah polikarbonat (PC), akrilik, PLA (Polylactic Acid), dll.

  1. PP (Polypropylene): Kode daur ulang #5

 Contoh: Wadah makanan, tutup botol, tali rafia, karpet, alat tulis dan sebagainya. Polypropylene adalah sejenis polimer termoplastik yang terbuat dari monomer propilena. Polyropylene adalah senyawa hidrokarbon yang merupakan bagian dari keluarga alkana. 

Polypropylene dapat didaur ulang, sehingga bahan ini dianggap sebagai pilihan yang ramah lingkungan. Kemampuan untuk mendaur ulang polypropylene membantu mengurangi limbah plastik dan meminimalisir dampak negatifnya terhadap lingkungan. 

Polypropylene memiliki sifat yang kuat, ringan, dan tahan terhadap berbagai kondisi lingkungan. Jadi kamu bisa nih memulai untuk menggunakan wadah atau kemasan berbahan plastik polypropylene, salah satunya ialah dengan cara beralih menggunakan kemasan sustainable packaging Kardus ALVAboard.

3. Kardus ALVAboard Solusi Packaging Ramah Lingkungan

klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang

Di tengah meningkatnya kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan, industri kemasan terus berinovasi untuk menghadirkan solusi yang lebih ramah lingkungan. Penting bagi kita untuk mengetahui klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang mempraktekkan pengelolaan sampah yang benar serta memilih produk plastik yang ramah lingkungan.

Salah satu inovasi terbaru yang patut diterapkan untuk kebutuhan pemakaian packaging yang tepat, ialah dengan cara menggunakan kardus ALVAboard, sebuah solusi kemasan yang terbuat dari bahan polypropylene (PP) yang dapat didaur ulang. Kardus ini menawarkan alternatif yang berkelanjutan dan memberikan manfaat lingkungan yang signifikan diantaranya ialah sebagai berikut:

  1. Dapat Didaur Ulang dan Mengurangi Limbah Plastik

Kardus ALVAboard dibuat dari polypropylene masuk ke dalam kategori klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang, sebuah bahan plastik yang dapat didaur ulang. Melalui proses daur ulang yang tepat, kardus ini dapat diubah menjadi produk baru setelah digunakan. Dengan mendaur ulang kardus ALVAboard, limbah plastik dapat dikurangi, mengurangi tekanan pada lingkungan.

  1. Memiliki Ketahanan dan Kekuatan yang Optimal

Kardus ALVAboard memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik. Dibandingkan dengan kardus tradisional yang terbuat dari kertas atau karton, kardus ini menawarkan perlindungan yang lebih baik terhadap benturan dan kerusakan. Kelebihan ini membantu mengurangi kerugian produk selama transportasi dan pengiriman, mengurangi kebutuhan akan produksi ulang.

  1. Ringan dan Efisiensi Energi

Polypropylene memiliki berat yang ringan, sehingga kardus ALVAboard menjadi lebih ringan dibandingkan dengan kardus konvensional. Selain itu, berat yang ringan juga mengurangi energi yang diperlukan selama transportasi dan pengiriman. Ini membantu mengurangi emisi karbon dan jejak lingkungan keseluruhan.

  1. Tahan Terhadap Kelembaban

Polypropylene memiliki sifat ketahanan terhadap kelembaban, yang membuat kardus ALVAboard sangat cocok untuk produk yang rentan terhadap kerusakan akibat kelembaban. Kardus ini memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kebocoran atau kerusakan yang disebabkan oleh kelembaban, menjaga produk tetap aman dan utuh.

Komitmen ALVAboard dalam pengembangan usaha berkelanjutan menjadikannya pabrik packaging yang terus berinovasi di Tangerang. Kardus ramah lingkungan ALVAboard merupakan solusi pengganti kardus sekali pakai yang ramah lingkungan, yang terbuat dari 100% plastik daur ulang.

ALVAboard menawarkan proses daur ulang yang lebih cepat daripada kardus konvensional yang memerlukan waktu hingga 5 bulan untuk terurai. Proses daur ulang ALVAboard hanya memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam tanpa menggunakan atau mengorbankan plastik baru. 

klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang

Berikut merupakan varian kardus ALVAboard yang terbuat dari bahan polypropylene yang cocok dan masuk ke dalam salah satu klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang, yang cocok untuk kebutuhan packaging ramah lingkungan yang dapat didaur ulang:

  • Kardus ALVAboard small ukuran 200x100x80 mm
  • Kardus ALVAboard medium ukuran 400x200x200 mm
  • Kardus ALVAboard large ukuran 600x400x300 mm
  • Kardus ALVAboard  XL ukuran 700x500x400 mm
  • Kardus ALVAboard Medium Hot n Cool Alluminium Foam ukuran 400x200x200 mm
  • Kardus ALVAboard Ready To Pack ukuran 400x300x300 mm
  • Kardus ALVAboard Medium Batik ukuran 400x200x200 mm
  • Kardus ALVAboard Large Handle ukuran 600x400x300 mm
  • Kardus ALVAboard Large Handle Custom Nama ukuran 600x400x300 mm
  • Box Pizza Small 200x200x50 mm
  • Box PIzza Medium 300x300x50 mm 
  • Box PIzza Large 400x400x70 mm 
  • Box Hampers Small 180x180x80 mm 
  • Box Hampers Medium 200x200x100 mm 
  • Box Hampers Large 220x220x120 mm 
  • Box Hampers Lebaran New Small Handle 300x200x325 mm 
  • Gift Box 350x250x150 mm 
  • Box Hampers New Year Small Handle 300x200x300 mm

Baca juga: Mengenal Corrugated Boxes Plastik Kekinian, Cocok buat Box Packaging UMKM

Itu dia pembahasan tentang klasifikasi jenis plastik yang dapat didaur ulang. Temukan inovasi produk-produk packaging yang bisa didaur ulang dari Kardus ALVAboard di ALVAboard Store, ALVAboard Shop, Tokopedia, Shopee, BliBli, Bukalapak, Tiktok Shop, Paxel Market dan Lazada. Ikuti terus informasi terkini dari ALVAboard  melalui instagram resmi @alvaboard agar terus mendapatkan penawaran menarik dari ALVAboard.  

Posted in artikel

Write a comment

Butuh Bantuan?