Skip links

Beragam Pemotong Kertas Manual Best Seller

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Berbicara tentang manual cutter, tak dapat dipisahkan dari dunia percetakan dan fotocopy ya. sepertinya, ini merupakan salah satu senjata wajib untuk dimiliki para wirausahawan yang berkecimpung di bidang percetakan dan fotocopy. Bagi Anda, mungkin sudah tak asing dengan beberapa benda ini. Hanya saja, Anda kurang tahu namanya.

Hampir disetiap tempat fotocopy, pasti ada alat pemotong kertas, atau yang biasa juga dikenal dengan manual cutter. Fungsinya, sama seperti gunting, cutter atau alat pemotong kertas lainnya. hanya saja, ini lebih profesional. Karena dapat memotong kertas dalam jumlah banyak sekaligus. Demi menghemat waktu dan tenaga, pastinya.

Setidaknya ada dua alat pemotong kertas manual yang terjual dipasaran. Ada yang menggunakan listrik,untuk mendukung kinerjanya. Ada pula yang full manual, tanpa sokongan elektronik maupun mesin. Dari segi fungsi, sama saja. Hanya saya tentu kualitas dan kuantitas hasilnya berbeda.

Disamping itu, jenis alat pemotong kertas juga dibedakan dari cara kerjanya. Mari kita jelajahi satu per satu.

Pemotong Kertas Guillotine

Ini yang paling umum dimiliki oleh para pengusaha fotocopian. Anda pasti sudah seringkali melihat kehadirannya pada tempat fotocopian, baik yang sederhana hingga besar sekalipun. Cara kerja nya cukup sederhana. Yakni dengan mengayunkan tuas dari atas kebawah.

Alat potong kertas manual semacam ini pun juga ada yang didukung dengan tenaga listrik, juga ada yang sepenuhnya manual. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.  

Pemotong kertas Guillotine elektrik, memiliki tampilan yang gagah. Dengan dilengkapi oleh optik digital. Disana, Anda dapat melakukan pengaturan, terkait dengan ukuran dan jumlah kertas yang ingin dipotong.

Pada pemotong kertas guillotine manual, Anda dapat memotong kertas sampai 20-30 lembar dalam sekali potong. Berbeda dengan pemotong kertas yang di dukung dengan tenaga listrik, yang mampu memotong kertas hingga 1 rim sekaligus.

Pada manual cutter, yang umum dipasaran, mampu memotong kertas berukuran A3. Anda perlu melakukan penghitungan presisi secara mandiri atau manual, agar tak merusak hasil. Ini membutuhkan ketelitian dan ketepatan.

Pemotong Kertas Trimmer

Alat potong berikutnya adalah jenis Trimmer. Nah, yang ini memiliki cara kerja yang berbeda dengan guillotine. Jika guillotine cara kerjanya dari atas ke bawah, kalau yang trimmer ini pemotongan dilakukan dengan menggeser tuas. Baik dari samping kiri ke kanan, maupun sebaliknya. Berbeda dengan guillotine yang dapat memotong dalam jumlah banyak sekaligus, alat trimmer hanya dapat memotong dengan beberapa lembar kertas saja. Atau, sampai batas maksimal berat kertas 300 gram.

Baik pemotong kertas dengan tuas tekan atau guillotine maupun dengan tuas geser atau trimmer, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sesuai dengan penggunaannya. Sejarah adanya alat potong kertas adalah untuk merapikan hasil cetakan (printing) yang kurang rapih atau presisi. Selain itu, pemotongan kertas juga bermanfaat untuk menyesuaikan dengan ukuran yang diinginkan. Dan, dengan potongan kertas yang rapi, juga dapat berdampak pada penjilidan dokumen atau berkas supaya lebih kuat.

Adanya manual cutter dapat menjadi solusi maupun cadangan, apabila terjadi pemadaman listrik. Setiap jenis pemotong kertas, baik itu dengan tuas tekan maupun tuas geser memiliki harga yang berbeda. Tergantung ukuran, bahan pembuatan, kemampuan memotong yang juga pasti berbeda satu sama lain. nah, jika menggunakan tenaga listrik, juga pasti membedakan harganya lagi. Jadi, Anda mau pilih yang mana, untuk kebutuhan produksi Anda?

 

*
*
*
*
*
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Return to top of page
X