Skip links

Beberapa Jenis Knife Cutting Dalam Dunia Industri Percetakan dan Garment

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Knife Cutting merupakan salah satu komponen penting dalam digital printing. Baik itu untuk pembuatan stiker, hingga kain sekalipun. Ternyata, setiap mesin memiliki bekal pisau pemotong atau knife cutting yang berbeda-beda jenisnya. Tentu saja, perbedaan tersebut sepaket dengan kelebihan dan kekurangannya.

Fungsi utama pisau potong, apalagi jika bukan untuk memisahkan bagian tertentu dari biagian lainnya sesuai dengan pola yang di inginkan. Dimana, knife cutting merupakan salah satu bagian penting dari mesin cutting. Ada banyak bahan yang mampu dipotong dengan knife cutting, tergantung jenis mesin dan pisaunya juga sih. Setidaknya, ada 6 jenis pemotong atau knife cutting pada mesin cutting, dengan kelebihan dan kekurangannya.

Straight Knife atau Pisau Potong Lurus

Pisau jenis ini umum digunakan dalam industri percetakan. Dengan panjang pisau mulai dari 10 cm hingga 33 cm, yang mampu bergerak memotong naik turun. Karena fungsinya yang tinggi, sehingga banyak digunakan pada industri percetakan, salah satunya adalah daoat digunakan untuk memotong dengan aneka bentuk. Selain itu, hasil potongannya juga rapi dan akurat. Dengan perwatannya yang mudah, mesin ini dapat meningkatkan hasil produksi dengan kekeuatan mesin optimal.

Sayangnya, ujung pisaunya cepat panas, jika digunakan dalam durasi yang panjang. Hal ini, dapat berdampak pada hasil potongan akhir. Namun, dapat dicegah dengan pemberian minyak anti fusi, agar hasil potongannya tetap baik.

Round Knife atau Pisau Bundar

Pisau jenis ini hanya terbatas pada pemotongan pola tertentu, seperti potongan lurus. Selain itu, juga tak bisa untuk produksi besar. Jadi, jumlah bahan yang terbatas saja yang mampu diatasi dengan pisau jenis ini. Ukuran diameternya beragam, mulai dari yang berdiameter 6 cm hingga adapula yang memiliki diameter 30 cm. Kelebihan lain dari pisau bundar ini adalah dari segi harga yang lebih miring jika dibandingkan dengan pisau lurus.

Namun demikian, karena hanya dapat melakukan pemotongan lurus pada jumlas kain tertentu, sehingga kurang efisien bagi yang ingin memaksimalkan hasil produksi. Setidaknya, jumlah kain atau kertas yang akan di potong ssesuai pola tak melebihi ukuran poros pisau. Jika lebih, maka hasil pemotongannya kurang presisi.

Band Knife atau Pisau Pita

Pisau jenis ini sangat cocok untuk proses cutting dengan pola yang lebih variatif. Cara kerjanya pun sederhana. Bukan mata pisau yang bergerak memotong polanya. Melainkan, bahan yang akan digerakkan mengikuti pola, sedangkan mata pisaunya diam ditempat. Nah, jenis pisau ini sangat cocok untuk membuat stiker kecil-kecil dengan bentuk yang unik dan lucu. Umumnya, band knife digunakan pada mesin pemotong kain. Dengan bantuan kelereng kecil dan kompresor, yang memudahkan proses pemotongan. Dimana, kompresor berfungsi untuk menekan bahan agar tak bergerak diluar pola. Sedangkan kelereng kecil, digunakan untuk memudahkan pergerakan bahan mengikuti pola.

Dengan fungsinya yang sedemikian rupa, tak heran jika pisau pita semacam ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Sebanding ya, dengan manfaat yang diberikan.

Sinar Laser

Dijaman modern seperti sekarang, tenaga manusia memang sudah tak banyak digunakan, dan digantikan oleh mesin. Manusia yang memegang kendalinya saja. Salah satunya adalah proses pemotongan dengan sinar laser. Hasil cutting yang dihasilkan pun terbilang sempurna. Namun demikian, tak dapat memotong kain dalam jumlah banyak dan juga yang berbahan sintetis. Disamping itu, dengan teknologi tinggi, harganya pun juga mahal.

Nah, beberapa jenis knife cutting tersebut sudah umum digunakan dalam dunia industri percetakan. Semakin besar produk yang ingin dihasilkan, tentu teknoligi yang digunakan pun akan semakin tinggi. selain untuk alasan efektif dan efisien, juga untuk meminimalisir kegagalan dalam proses produksi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Return to top of page
X